Advokasi Hak Asasi Manusia: Mempromosikan Kesetaraan, Martabat, dan Kebebasan untuk Semua

INALUM dalam menjalankan operasional usahan secara etis dan bertanggung jawab berkomitmen untuk menghormati hak asasi manusia termasuk karyawan, rantai nilai dan masyarakat sekitar di tempat kami beroperasi sesuai dengan Deklarasi Universal PBB tentang Hak Asasi Manusia dan Perundangan serta Peraturan Negara Indonesia. Menghormati hak ketenagakerjaan untuk kebebasan berserikat, tidak melakukan praktik kerja paksa dan tidak memperkerjakan pekerja yang berusia kurang dari 18 (delapan belas) tahun.

INALUM memberikan kesempatan yang sama kepada semua karyawan tanpa diskriminasi, menghormati hak Wanita dalam semua aspek pekerjaan dan menyediakan lingkungan kerja yang kondusif dan aman serta memastikan upah yang diberikan kepada pekerja memenuhi standar minimum industri lokal dan mematuhi hukum dan standar industri yang berlaku tentang jam kerja.

Pendidikan Hak Asasi Manusia, Meningkatkan Kesadaran dan Mempromosikan Budaya Menghormati

INALUM telah dan terus berupaya menjaga komitmennya untuk menghormati hak asasi manusia dalam menjalankan operasi bisnis, seperti menjamin kebebasan berbicara, tidak melakukan kerja paksa, tidak mempekerjakan anak, tidak melakukan diskriminasi gender, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, memenuhi aturan upah dan jam kerja. Perusahaan juga memastikan kesehatan dan keselamatan pekerjanya terkait dengan menerapkan prosedur identifikasi bahaya, penilaian, dan pengendalian risiko.

Uji Tuntas Hak Asasi Manusia (Human Rights Due Diligence) telah dilakukan di INALUM pada bulan Oktober – November 2022 melalui pengisian kuesioner oleh Perusahaan, mewawancarai masyarakat setempat dan perwakilan perusahaan, pencarian media, pemeriksaan kasus dan putusan pengadilan, serta pemeriksaan sanksi global.

Bekerja Sama dengan Mitra dan Pemangku Kepentingan untuk Memajukan Agenda Hak Asasi Manusia

Uji tuntas dilakukan oleh PT Integrity Indonesia terhadap INALUM dengan melalui asesmen kepatuhan perusahaan terhadap pemenuhan tanggung jawab perusahaan untuk menghormati hak asasi manusia sebagaimana didefinisikan dalam UN Guiding Principles on Business and Human Rights (UNGPs). Hasil uji tuntas menyatakan bahwa INALUM mematuhi UNGPs dalam hal kepatuhan (compliance) dan potensi dampak HAM (potential human rights impacts).

PDF - Kebijakan Hak Asasi Manusia (HAM)