Kinerja Lingkungan INALUM Unit Paritohan 2023: Merawat Pesisir Toba

Kinerja Lingkungan INALUM Unit Paritohan 2023: Merawat Pesisir Toba

Toba, 17 Januari 2024 - PT Indonesia Asahan Aluminium atau INALUM dalam periode 2019-2023, bergerak aktif dalam menjaga keanekaragaman hayati flora-fauna di kawasan PLTA Paritohan dan Kawasan Danau Toba. Hal tersebut senada dengan visi TJSL INALUM dan Sustainability Pathway Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID). 

Corporate Secretary INALUM Mahyaruddin Ende menyampaikan bahwa kerja keras rekan-rekan yang berada di unit PLTA Paritohan semata-mata bekerja untuk menjaga ekosistem sekitar sekaligus menjaga lingkungan agar pasokan energi yang menjadi tulang punggung operasional tetap terjaga. 

“Ada beberapa program besar yang dilakukan PLTA Unit Paritohan dalam menjaga ekosistem dan lingkungan sekitar PLTA. Program-program ini dibentuk sebagai usaha INALUM dalam mewujudkan sustainability operasional yang ramah lingkungan. Pun perusahaan melakukan program tersebut dengan kolaborasi dan sinergi bersama seluruh elemen masyarakat sehingga keberadaan INALUM dan lingkungan tetap bersanding sekaligus ketersediaan energi untuk operasional peleburan tetap terjaga,” ujar Mahyaruddin. 

Program-program yang dilaksanakan antara lain: 

Program Konservasi Danau Toba
Program ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi Daerah Tangkapan Air Kawasan Danau Toba sebagai daerah penyangga ketersediaan dan kestabilan level air Danau Toba. Tidak hanya menanam pohon, tetapi juga dilakukan pemeliharaan, monitoring dan evaluasi. Total pada tahun 2023 sebanyak 668.880 pohon telah tertanam yang terdiri dari 25 jenis spesies di lahan 1.436,8 hektar. Adapun pohon yang ditanam merupakan pohon buah-buahan berkayu dan hasil penanamannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sehingga secara tidak langsung program ini melibatkan peran aktif masyarakat. 

Optimalisasi Pembibitan Pohon
Program ini merupakan awal dari kegiatan penanaman pohon. Bibit tanaman yang sudah siap akan ditanam di sekitar lokasi perusahaan. Bibt tanaman juga dibagikan kepada masyarakat sekitar agar dapat dimanfaatkan. Tercatat telah melakukan pembibitan untuk 4.418 spesies di lahan 0.10 hektar.

Pemberdayaan Ikan Jurung
Keberadaan Ikan Jurung di Sungai asahan mulai terancam karena masyarakat sekitar menangkap tanpa melakukan budidaya atau pengembangbiakan. Program ini mengusung konsep Ex-Situ dan berhasil menghadirkan 1.352 Ikan Jurung di lahan 0,15 hektar. 

Taman Kehati Perumahan PLTA Paritohan
Merupakan program penanaman pohon endemik di lahan seluas 4 hektar. Pada tahun 2023, ada 700 pohon berhasil ditanam yang berasal dari 5 spesies (kemenyan, andaliman, sotul, teratai, dan klambang)

Pembibitan Tanaman Multi Purpose Tree Species
Sebagai Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba, lahan yang saat ini ada masih bisa dikatakan cukup kritis karena adanya pembangunan dan penebangan liar. PT INALUM bekerjasama dengan Yayasan Warisan Hidup Sumatera (WHIS) melakukan pembibitan tanaman di Kebun Raya Samosir. Total ada 17.000 pohon yang di tanam dengan jenis multi purposes tree species. 

Program-program keberlanjutan INALUM adalah komitmen perusahaan dalam membangun masa depan yang berkelanjutan. INALUM memprioritaskan pelestarian lingkungan, mengedepankan tanggung jawab sosial, mempertahankan praktik tata kelola yang efektif, membina hubungan yang kuat dengan investor, serta menyampaikan laporan keberlanjutan yang transparan. Dengan menjunjung tinggi prinsip-prinsip ini, perusahaan memastikan keberlanjutan dan dampak positif dari kegiatan operasional perusahaan, serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat lokal dan masyarakat luas.

INALUM merupakan rekan dari perjalanan kemajuan peradaban bangsa Indonesia, menjadi rekan dari pembangunan nasional, menjadi sahabat dalam hilirisasi industri pertambangan yang berkelanjutan dan modern.

Selengkapnya

Kami memprioritaskan perlindungan lingkungan, keadilan sosial, dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan inovasi, kolaborasi, dan transparansi, kami berusaha untuk mencapai dampak positif jangka panjang bagi dunia dan generasi mendatang.

Selengkapnya

Setiap produk kami dirancang dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan Anda dan memberikan pengalaman yang luar biasa.

Selengkapnya

INALUM sebagai wajah dari industrialisasi aluminium nasional yang modern dan peduli pada lingkungan melaksanakan aktivitas-aktivitas berkelanjutan bersama seluruh pemangku kepentingan

Selengkapnya

PT. INALUM berkomitmen dalam menjaga komunikasi dan relasi yang baik dengan para investor, salah satunya dengan mengadakan RUPS secara berkala.

Selengkapnya

Temukan peluang bisnis baru dan ikuti proses tender yang transparan. Sertakan penawaran terbaik Anda dan jadilah mitra kami dalam memenuhi kebutuhan perusahaan.

Selengkapnya

Di halaman E-Business kami, Anda akan menemukan platform yang inovatif dan solusi terkini. Kami menghadirkan pengalaman bisnis digital yang efisien dan mempermudah transaksi Anda.

Temukan peluang karir yang menarik di halaman karir kami. Bergabunglah dengan tim kami yang berdedikasi dan berkualitas. Jadilah bagian dari perusahaan kami yang berinovasi dan berorientasi pada pertumbuhan.

Selengkapnya