Responsive image

News

Komitmen Pelestarian Danau Toba: INALUM Tandatangani Mou Penanaman 100.000 Pohon dengan PJT-1 dan Pemkab Toba

05 Jun 2021

Balige (2/6) – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap kelestarian alam. Hal ini ditunjukkan dengan inisiatif INALUM dalam melakukan Konservasi Lingkungan di sekitar Danau Toba pada lahan sekitar 250 hektar dengan jumlah sekitar 100.000 pohon bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta 1 dan Pemerintah Kabupaten Toba. Inisiatif ini dituangkan melalui Kesepakatan Bersama (MoU) antara INALUM, Perum Jasa Tirta 1 dan Pemerintah Kabupaten Toba yang ditandatangani di Aula Kantor Bupati Toba, Balige (2/6).

Dalam sambutannya, Direktur Eksekutif Operasi & Produksi INALUM sekaligus Plt. Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia INALUM, Rainaldy Harahap mengungkapkan fokus dari kegiatan konservasi lingkungan ini, “INALUM bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta 1 dan Pemerintah Kabupaten Toba melalui Kesepakatan Bersama ini akan fokus pada konservasi lingkungan di sekitar Danau Toba khususnya terhadap lahan-lahan kritis di sekitar Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba. Rencananya konservasi ini akan dilaksanakan pada lahan sekitar 250 hektar dengan jumlah sekitar 100.000 pohon dengan metode penanaman “POLA TANAM RAWAT” yaitu dimana pohon yang ditanam akan dirawat selama 2 tahun sampai tanaman dimaksud benar-benar tumbuh,” terang Rainaldy.

Selanjutnya Rainaldy juga menjelaskan bahwa pelaksanaan konservasi lingkungan ini tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh pihak yang ada di sekitar Danau Toba. “Dalam kegiatan konservasi lingkungan ini, INALUM tentunya membutuhkan dukungan dari Perum Jasa Tirta 1 dan Pemkab Toba agar kegiatan konservasi khususnya dalam hal eksekusi penanaman dan perawatan tanaman hingga kegiatan konservasi selesai dilaksanakan. Semua hal ini bertujuan agar lingkungan Danau Toba dapat terjaga dengan baik dan terus menjadi destinasi wisata internasional,” jelas Rainaldy.

Lebih lanjut, Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif INALUM dalam melakukan konservasi lingkungan di sekitar Danau Toba, “Kami dari Pemerintah Kabupaten Toba menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada INALUM atas kepeduliannya terhadap lingkungan khususnya dalam konservasi Daerah Tangkapan Air di sekitar Danau Toba ini. Harapannya semoga kerjasama ini dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancar. Selain itu, kami berharap kerjasama ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Toba namun juga di kabupaten lain yang berada di sekitar Danau Toba sehingga kelestarian alam Danau Toba dapat senantiasa terjaga,” harap Poltak.

Rangkaian kegiatan penandatanganan MoU ini kemudian diakhiri dengan sesi serah terima cinderamata serta ramah tamah antara INALUM, Perum Jasa Tirta 1, Pemerintah Kabupaten Toba serta instansi lain yang hadir dalam acara tersebut.

Tampak hadir pada acara tersebut Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, SE, beberapa jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten Toba, Direktur Eksekutif Operasi & Produksi INALUM sekaligus Plt. Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia INALUM Rainaldy Harahap, Direktur Operasional Perum Jasa Tirta 1 Gok Ari Joso Simamora beserta instansi dan para pemangku kepentingan lainnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pada tahun 2015-2020 INALUM telah menunjukkan komitmennya dalam konservasi danau toba dengan menanam sekitar 750 hektar lahan di sekitar Danau Toba dan akan terus dilanjutkan kedepannya.

Publikasi:

  1. http://redaksi.waspada.co.id/v2021/2021/06/sinergi-untuk-konservasi-danau-toba-keselarasan-antara-pembangunan-dan-lingkungan/
  2. https://analisadaily.com/berita/baca/2021/06/05/1018836/inalum-tandatangani-mou-dengan-pemkab-toba/
  3. http://media-abpedsi.com/2021/06/05/sinergi-untuk-konverisi-danau-tobakeselarasan-antara-pembangunan-dan-lingkungan/
  4. https://www.mistar.id/medan/inalum-inisiasi-konservasi-lingkungan-danau-toba/