Responsive image

News

Inalum Bantu Sarana dan Prasarana Arung Jeram Sungai Asahan

29 Nov 2020

Asahan (19/11) - Derasnya arus sungai Asahan telah menjadi incaran para investor untuk mengembangkan potensi listrik yang ramah lingkungan sejak beberapa dekade yang lampau, salah satunya dikenal sebagai proyek Asahan, impian yang menjadi kenyataan, yaitu Inalum yang mengoperasikan dua PLTA yaitu PLTA Siguragura dan Tangga.

Ternyata disisi lain, sungai ini juga biasa digunakan untuk berolahraga arung jeram atau rafting dan kayak oleh wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara baik pemula ataupun yang sudah mahir. Arus sungainya beragam, mulai dari arus tenang hingga arus deras. Tidak hanya itu, rute arung jeram di Sungai Asahan ini juga disuguhi pemandangan tebing dan air terjun yang sangat spektakuler.

Sungai yang keluar dari Danau Toba ini memberikan tantangan yang memacu adrenalin dengan empat jeram yang memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda, yaitu Jeram Selamat Datang, Jeram Ali Imran, Jeram Batu Arang, dan Jeram Standing Wave

Waktu terbaik untuk berkunjung dan bermain arung jeram di Sungai Asahan adalah bulan September sampai Januari. Akan tetapi, meskipun berkunjung di luar bulan tersebut, level permukaan airnya tetap stabil baik saat musim hujan ataupun musim kemarau. Hal ini karena adanya bendungan milik PT Inalum (Persero) yang mengatur debit air yang mengalir ke Sungai Asahan.

Untuk mendukung pariwisata lokal, Inalum mengucurkan dana sebesar 549 juta rupiah dalam bentuk Sarana dan Prasarana Arung Jeram berupa pembangunan akses jalan, tangga, dan fasilitas lainnya, serta perlengkapan dan peralatan arung jeram seperti perahu, dayung, helm, dan jaket keselamatan. Bantuan ini diharapkan dapat menyelaraskan antara pembangunan dan eco wisata di Sungai Asahan di masa yang akan datang.

“Saya berharap sarana dan prasarana ini dapat menjadi modal awal untuk menyelenggarakan kegiatan internasional. Saya yakin apabila kita bergandengan tangan, bekerja sama, dan bersungguh-sungguh kita bisa mewujudukan mimpi, membuat wisata ini maju, dan meninggikan martabat bangsa di mata dunia,” ujar Dwi Fatan Lilyana selaku Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia Inalum dalam sambutannya.

Bantuan sarana dan prasarana ini diberikan secara seremonial pada tanggal 19 November 2020 di Desa Meranti Utara sekaligus exhibition untuk mencoba Arung Jeram di Sungai Asahan. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Direktur Eksekutif Sumber Daya Manusia Inalum Dwi Fatan Lilyana, didampingi Manager CSR/PKBL, Tober G.Sidabutar, Manager Humas PLTA, A.Iqbal Harahap dan Perwakilan MIND ID, Yan Eka Milleza kepada Pjs Bupati Toba Harianto Butarbutar bersama Kepala Desa Meranti Utara Walter Siagian.

“Mohon segala bantuan ini dirawat, dijaga, dan dimanfaatkan dengan baik. Harapan kami, sarana dan prasarana yang telah diserahkan dapat menjadi modal awal untuk mengenalkan dan mempromosikan wisata air ini agar semakin banyak dikunjungi orang. Apabila banyak pengunjung, maka perekonomian masyarakat sekitar pun akan meningkat,” harap Pjs Bupati Toba Harianto Butarbutar.